Rabu, 06 Juni 2012

tugas konsep sistem informasi

SISTEM UJIAN UAS ONLINE


Latar Belakang Semakin pesatnya kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan,maka penerapan teknologi dalam system pembelajaaran sangat di perlukan. Penerapan ini di maksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan sistem ujian online diharapkan penerapan teknologi dalam proses belajar mengajar dapat diterapkan dengan maksimal.
Sistem ini dimaksudkan untuk mencegah kecurangan siswa/mahasiswa dalam pelaksanaan ujian. Sitem ini sangat effisien dalam mencegah kecurangan dalam pelaksanaan ujian.

Rumusan Masalah

Dalam kesempatan ini saya akan menuangkan ide saya tentang sistem ujian(uas) secara online. tulisan ini untuk memenuhi tugas mata kuliah konsep sistem informasi.
Langkah pertama agar kita dapat mengikuti uas adalah kita harus membayar administrasisesuai kewajiban kita. Setelah selesai melakukan pembayaran,maka secara otomatis nama kita akan muncul di list peserta uas. Daftar peserta uas beserta kartu peserta uas dapat dilihat dalam situs resmi UNDA yaitu http:// unda.ac.id/absen-peserta-uas****. setelah kita melakukan pengecekan absen dan kartu peserta uas,maka kita akan mengetahui di ruang mana dan di meja mana kita akan mengikuti uas.
.
Langkah kedua dalam pelaksanaan uas secara online,mahasiswa diharapkam masuk keruangan tepat waktu. Karena dalam sistem ini,soal uas akan muncul berurutan di depan dan memiliki durasi tertentu dan soal tidak bisa di ulang-ulang. Didalam ruangan tidak ada pengawas uas,pengawasan uas akan di pantau melalui kamera cctv yang terpasang dalang ruangan uas. Mahasiswa di wajibkan duduk di meja yang telah ditentukan. Dalam mengikuti uas mahasiswa hanya membawa pulpen dan kartu peserta,karena lembar jawaban telah di sediakan terlebih dahulu di atas meja peserta ujian. .
.
Langkah ketiga setelah mengikuti uas,lembar jawaban di taruh di atas meja yang telah di sediakan di depan. Bagi mahasiswa yang terlambat memasuki ruangan tidak ada kompensasi untuk mengulang soal yang telah terlewati. .
.
kelebihan dan kekurangan sistem uas online Dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang dunia pendidikan dituntut untuk dapat menerapkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Penerapan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendidikan sesuai perkembangan zaman. Menurut pandangan saya berikut beberapa kelebihan sistem ujian online :
1. Mencegah kebocoran soal ujian
2. Mencegah siswa/mahasiswa saling mencontek
3. Meningkatkam mutu pendidikan
4. Mengaplikasikan teknologi dalam pendidikan
5. Membiasakan siswa/mahasiswa berprilaku jujur dalam menjawab soal
6. Membangun mutu pendidikan yang berbasis teknologi
Kelebihan system online ini sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berbasis teknologi,dan mengikuti perkembangan zaman. Tetapi,dalam penerapan system ujian online ini juga memiliki kekurangan penerapan dan pelak sanaannya. Berikut beberapa kekurangannya menurut pandanga saya :
1. Nilai kelulusan siswa akan menurun
2. Suasana ujian akan tegang,karena tidak ada nya komunikasi antar peserta
Menurut saya itu saja kelebihan dan kekurangannya,kritik dan sarannya sangat dinanti oleh penulis,…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar